Friday 5 July 2013

PA01 (2009), Beragam Canda, Tertawa Bersama

Ketika gue mulai ngetik tulisan ini, gue lagi di kosan, sendirian. Usber lagi ga ke kosan malem ini, karena keponakannya dia yang ga bisa nahan kangen sama Tulang-nya. Usber sayang banget sama keponakannya itu. Waktu di hape gue menunjukkan pukul 10.32 pm. Gue belum tidur, karena belum ngantuk. Sebelumnya, gue emang udah janji sama Usber, buat bikin tulisan ini, pelengkap memori buat 4PA01 (yang di tulisan sebelumnya udah gue jelasin, PA adalah kode untuk jurusan Psikologi di kampus gue). Maaf kalau tulisan ini sedikit membingungkan buat pembaca yang belum kenal gue, karena tulisan ini sengaja dibuat khusus buat temen-temen di PA01/2009, atau temen-temen seangkatan non-01 :)
Hampir 3 taun gue ada di kelas PA01, dan akhirnya sebentar lagi kita ga belajar di 1 kelas yang sama lagi, karena kita udah semester akhir, yang artinya, kita udah disibukkan sama pengerjaan skripsi, kegiatan belajar di kelas pun selesai, rampung, beres. Sedih? Pasti. Gue pasti akan rindu sama suasana belajar di kelas yang selalu rame, ngocol, gaduh, tapi, kita tetep mengerti apa yang disampaikan sama dosen. Sebenernya ga ngerti-ngerti amat, tapi, paling ngga, kita tanda tangan di daftar kehadiran aja.

Gue yakin, motivasi kita tiap dateng ke kelas itu berbeda antara yang satu sama lain. Gue? Sebagai mahasiswa 01, jelas, tujuan dateng ke kelas ya buat ketemu temen-temen, isengin temen, ngobrol, becanda di kelas ketika belajar. Lain halnya sama Usber. Dia duduk di depan, dan ketika belajar, dia serius. Serius cengin temen yang duduk di belakang dia. Lanjut ke Aji, sahabat gue dari tingkat 1. Kita 1 visi ketika belajar. Duduk di tengah, sebelahan, akhirnya ya ngobrol atau gue curhat sama dia. Kita emang lebih mirip homo, karena kemana-mana seringkali berdua. Lanjut ke Bejong (nama samarannya Maizar Saputra). Kenapa gue bilang gitu? Karena dia lebih di kenal dengan sapaan Bejong. Dia temen sekelompok gue sewaktu Ospek. Freak. Awalnya doang kalem, setelah kenal deket, dia ga ada bagus-bagusnya sama sekali. Di kelas? Jelas, temen ketawa bareng. Di kosan? Temen ngancut bareng, dan usilin si Usber yang lagi ngantuk. Selanjutnya ada Danu, Imron, Walid. Ciri khas Imron kalau lagi presentasi, "nah, ini penting, nih". Dia selalu bilang itu di tiap slide. Danu di kelas itu diem-diem observasi, mimpi, onani. Haha (peace, it was a joke, Dans). Kalau Walid, diem-diem hanyut. Hanyut dalam mimpi. Daniel orang yang cukup dewasa. Kalem. Cool. Atau mungkin emang lagi nahan mules aja. Selebihnya ada tim cerita. Kenapa gue bilang gitu? Karena mereka sukanya cerita ketika belajar. Personilnya ada: Ade Irma, Kiki Septiani, Kiki Rahmasari, Andita, Yurika, Dewi, Laila, Lia, Fairuz, Ocho (aduh yang ga kesebut maaf banget, bukan maksud menyisihkan atau melupakan, tapi, emang lupa). Tim bawel selanjutnya ada: Vini, Fani, Alia si centil dan pecicilan, Moe, Wulan, Annisa, Riwias, Jule, Juli, Tuti, Putri, Oyes, Pangestika. Oh, men, rame banget mereka kalau udah ngegosip. Repot, cyin. Tim kompak yang lainnya, ada Stefani, Pungkas, Tika, Nadia, Resya. Mereka kompak kalau kemana-mana. Seru. Sekali lagi, yang ga kesebut sama gue maaf banget, ya. Ga ada maksud apapun, emang guenya aja yang lupa.. Jangan tersinggung, ya :)

Dari yang udah gue sebutin diatas, harus kita akui, 01 memang kebagi jadi beberapa kelompok main bareng. Sesuai kenyamanan. Bukan berarti kita ga peduli satu sama lain. Ini cuma soal temen main aja, kok. Ga main bareng bukan berarti memendam benci. Sama kaya Indonesia yang punya beberapa suku, tapi, tetap bersatu.

Gue inget waktu kita gabung dan ketemu di 01. Hari selasa, tanggalnya gue lupa. Mata kuliah Psikologi Klinis, dosennya Bu Trida. Beliau sekaligus jadi wali kelas kita ketika itu. Semester 3, Imron ditunjuk jadi ketua kelas, sampe akhirnya dia turun jabatan karena fotokopian materi yang seringkali telat disampein ke temen-temen satu kelas. Semester berikutnya, Aji jadi ketua kelas. Gue jadi ketua 2. Kita bersama membangun 01 (ini sih emang lebay aja gitu, biar keren). Aji sama gue saling isi, maksudnya, saling isi nyebarin info ter-update dari dosen, buat disampein ke temen-temen satu kelas. (ga) keren, kan?

Apapun cita-cita kalian, apapun profesi kalian nanti, apapun pekerjaan kalian nanti, ga perlu malu untuk dishare. Gue mau kita tetep saling bantu, kalau temen-temen lagi butuh bantuan. Selama kita mampu dan bisa, kenapa ngga? Apapun kekurangan kelas kita, mau ga mau, kita udah saling mengisi selama hampir 3 tahun. Ini bagian dari kenangan, buat dikenang, bukan dilupakan. Kalau ada diantara kalian yang kangen, sila dishare, ga perlu sungkan. Kita saling bantu buat (paling ngga) ketemu. Cheers!

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...