Friday 5 July 2013

Tiga Tahun = Enam Semester

Memang udah takdir, gue kuliah di jurusan Psikologi. Takdir yang gue usahakan tentunya, karena gue yang pilih jurusan itu, setelah lulus SMA. Gue jatuh cinta sama Psikologi, dalam arti, pengen belajar soal ilmu itu, sebelum gue tau, apa yang dipelajari ketika gue kuliah di jurusan tersebut. Akhirnya, gue 2009 gue resmi jadi salah satu mahasiswa Psikologi. Gue ga akan ceritain gimana perjalanannya, karena nantinya akan panjang banget, mengingat sekarang udah 2013. Gue ga akan sok-sokan bikin tebak-tebakan buat yang baca tulisan ini dengan kalimat, "gue semester berapa hayo?" Gue mahasiswa tingkat akhir yang lagi nyusun skripsi, begitu juga dengan temen-temen seangkatan gue yang lain. Kita lagi berjuang untuk lulus, walaupun ga semudah yang kita bayangin.

Dari dulu, gue yakin, kita semua hampir dicekokin sama kalimat, "masa SMA itu masa paling indah", itu memang bener, sampai akhirnya gue lulus. Ketika gue masuk kuliah, dan sekarang udah sekitar 4 tahun gue jadi mahasiswa, kalimat itu ga ada apa-apanya. Buat gue (setelah gue menjalani perkuliahan selama kurang lebih 4 tahun), masa kuliah itu masa yang paling menyenangkan. Banyak faktornya. Sekarang gue mau jabarin beberapa diantaranya, pertama, kenapa buat gue kuliah itu menyenangkan dibanding masa SMA, karena gue kuliah di jurusan yang gue suka, tanpa paksaan, tanpa tekanan dari pihak manapun, termasuk orang tua gue. Kedua, karena alasan tadi, gue kuliah jadi berasa main. Kenapa? Tentu kalian semua udah tau, kuliah itu ga pake seragam, pake baju bebas, situasinya juga ga selalu dan ga mesti formal kaya waktu SMA. Alasan ketiga, di tingkat kedua (semester 3) atau ketika kenaikan tingkat dari tingkat 1 ke tingkat 2, di kampus gue, ada perombakan kelas, dimana kita akan akan sekelas sama temen-temen yang beda kelas (masih 1 jurusan pastinya), berdasarkan IPK. Bayangin, berdasarkan IPK! Bukan berarti gue merendahkan kelas lain, ya.. Katanya, kelas 01 adalah kelas dimana mahasiswanya punya IPK yang tinggi. Ternyata bener. Setelah denger kabar itu, gue ga mau masuk 01, karena gue pikir, anak yang masuk kelas itu, pasti kalau belajar serius, malesin, karena gue tipe orang yang kalau belajar ga bisa serius. Dan ternyata gue masuk 01. Takdir. Ga berenti sampai disitu, ternyata anggapan gue salah tentang anak-anak yang masuk kelas 01. Mereka sama kaya gue, kalau belajar ya sambil becanda juga, orang-orangnya ya singit juga.

Udah tiga tahun (enam semester) gue ada di kelas PA01 (PA itu kode di kampus gue untuk jurusan Psikologi). Banyak kenangan, pastinya. Agak bingung mau jelasinnya, karena kita udah saling mengisi sejauh ini. Ini sekedar testimoni singkat aja dari gue, menyenangkan ada di kelas 01, yang tadinya, gue pikir ini kelas yang bisa bikin gue stress dengan metode belajar dari tiap temen-temen. Ternyata ga gitu. Gue nyaman ada di kelas ini, ga selalu menyenangkan memang, masalah pasti ada, cuma, gue ga mau mikirin dari sisi itu aja, posisi ketika ada masalah. Gue akan kangen sama kelas ini, sedih kalau inget kita akan disibukkan sama pengerjaan skripsi. Tapi, gue ga akan diem aja, apalagi nyerah cari cara buat bisa kumpul bareng sama kalian semua, walaupun  ga se-intens dulu ketika kita masih belajar bareng. Siapin diri kalian, juga waktu kalian buat kumpul bareng. Selalu ada cara dan celah ketika kita dihadapkan pada suatu masalah. Menurut gue kangen sama temen-temen 01 adalah salah satu masalah yang harus kita selesaikan bareng-bareng, dan gue harus nemuin penyelesaian masalahnya, dengan bantuan kalian pastinya.

Kita coba realistis, bukan berarti pesimis. Beberapa dari kita pasti ada yang wisuda lebih dulu, ada juga yang menyusul setelahnya. Untuk yang belum bisa wisuda dengan segera, atau ada kendala dengan pengerjaan skripsinya, jangan malu untuk minta bantuan, atau sekedar share, ngobrol bareng, sekalian ketemu kalau memang kangen. Gue ga percaya ketika seseorang pake alasan sibuk. Itu bisa bikin lawan bicara "males", menurut gue. Coba diganti dengan kalimat lain, misal, "gimana kalau kita ketemu hari...... Soalnya minggu ini gue udah ada janji/ada kegiatan (/atau apapun itu)". Intinya, sih, sama, tapi, diganti dengan kalimat yang lebih enak diterima. Sesibuk-sibuknya kalian, masa, sih, ga ada waktu buat ketemu, kumpul, ngobrol? :) Pasti ada, cuma, harus ditentukan waktunya. Luangkan waktu buat sekedar ngobrol, kalau memang lagi ada masalah atau butuh diskusi, ya, temen-temen 01 :D untuk yang punya kendala apapun dalam pengerjaan skripsi (termasuk gue), peraturan buat kita, "boleh ngeluh, dilarang nyerah, tetep yakin (dalam hal positif tentunya)". Gue yakin, kalian pasti punya strategi tersendiri buat ngerjain skripsi, yakin dan jalanin strategi kalian, ya. ITU.

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...