Wednesday 6 October 2010

Kid’s Conversation #2

500 Rupiah, Anak Jalanan, Dan Rumah Sakit


Ini kisah nyata yang gw alami sendiri, disaat gw pulang kuliah, dan lagi nunggu kereta di Stasiun Pocin. Ya, gw seorang mahasiswa yang memilih kereta sebagai alat transportasi sehari-hari dalam aktivitas perkuliahan yang gw jalanin. Cerita ini CUKUP MIRIS buat gw, pengen banget nangis disaat gw ngobrol sama anak kecil yang gw temuin di Stasiun Pocin waktu itu. Anak kecil ini memang ANAK JALANAN yang polos, biasa aja, ga tau banyak, tapi dia TEGAR, dan MASIH BISA TERSENYUM disaat dia ada masalah. BENER-BENER MIRIS dan PENGEN NANGIS disaat gw liat kondisi dia, dan disaat gw ngobrol sama dia.

Disaat gw lagi ngetik artikel yang pendek dan sederhana ini pun, dan inget-inget lagi kejadian itu, gw pengen nangis. Gw terharu sama anak kecil, anak jalanan tepatnya, yang punya ketegaran yang tinggi, polos, dan masih bisa tersenyum disaat dia dapet masalah.

Awalnya, gw lagi nunggu kereta, gw lagi duduk di peron (ke arah Bogor) di Stasiun Pocin. Gw lupa waktu itu tanggal berapa, hari apa, dan jam berapa. Disaat gw duduk sambil bengong, gw ngeliat ada anak kecil yang jalan sambil tertatih-tatih, akhirnya dia mendekat, dan ada disebelah gw. Seperti anak jalanan yang lainnya, dia “kotor”, kusam, terlihat kaya anak yang udah lama ga mandi, awalnya gw takut dia bertingkah yang aneh-aneh, tapi ternyata engga. Yang bikin gw kaget, ternyata dia lagi nangis. Dari situ gw iba, dan akhirnya gw coba ajak ngobrol.

Gw : “Kenapa, Dek?”

NB : “Ini Bang, kaki saya sakit.. Patah nih kayanya..”

(gw kaget, apa separah itu sakit yang lagi dia rasain, sampe dia bilang kaki dia patah..)

Gw : “Hah? Patah? Emang kenapa?”

NB : “Tadi waktu saya naik kereta, ada yang nginjek kaki saya Bang, sakit banget nih, patah kayanya..

(Oia, anak kecil itu ngobrol sama gw sambil NANGIS nahan rasa SAKIT)

Gw : “Hah? Patah? Keseleo kali, Dek.. Udah diurut?”

NB : “Belom Bang.. Sakit banget ini ih.. Ayo atuh ih kaki, bisa jalan lagi dong, sakitnya ilang dong..” (dia bilang gitu sambil nangis nahan rasa sakit, sambil coba jalan, dan sambil mengetuk kakinya dia, dengan harapan mungkin bisa cepet ilang rasa sakitnya)

Abis itu dia diem, dan nanya lagi ke gw. Ini pertanyaan yang bikin gw terharu, bikin gw pengen nangis ditempat, dan bikin gw kagum sama anak ini. Pertanyaan yang simple, buat orang yang GA NGERTI, mungkin ini terkesan biasa. Ini pertanyaannya:

NB : “BANG, KALO CUMA PUNYA DUIT GOPE (Rp. 500) BISA KE RUMAH SAKIT GA YAH?..” (dan dia langsung pergi, walaupun jalan dengan tertatih-tatih dan kesakitan)

Dari situ gw cuma bisa diem, ga bisa jawab apa-apa, dan pengen nangis. MIRIS banget dengernya. Dia nanya kaya gitu sambil pegang duit gope (Rp. 500) yang dia punya, satu-satunya benda yang dia pegang saat itu, satu-satunya koin yang dia pegang saat itu. Gw masih inget kejadian itu sampe sekarang. Dan sampe sekarang gw masih sedih kalo nginget kejadian itu. Gw cuma berharap, kita semua bisa lebih memperhatikan nasib anak jalanan. Mereka butuh perhatian, mereka butuh kasih sayang semua orang, mereka butuh bantuan, dan mungkin mereka selalu berharap bisa hidup layak, seperti orang-orang pada umumnya. Semoga fasilitas untuk orang yang kurang mampu bisa terus tersedia, dan mereka bisa diberlakukan sama halnya seperti oranglain yang mampu.

Semoga disaat gw sukses nanti, gw ga lupa sama anak-anak jalanan, dan bisa menolong mereka, paling engga, gw bisa deket sama mereka, bantu semampu gw, dan kita bisa tersenyum bareng-bareng.

*NB itu sebutan yang gw kasih buat anak kecil itu, NB = Nice Boy*

Archive ini gw dedikasiin buat anak kecil itu, yang masih bisa tersenyum disaat sakit, dan masih bisa tegar disaat ga ada yang memperhatikan.

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...