Tuesday 19 October 2010

Periode Remaja

Masa remaja itu masa transisi dari periode anak, menuju periode dewasa.. Ini salah satu masa yang penting, dimana seseorang mulai membentuk kepribadian menjadi seorang individu yang ideal, sebagaimana mestinya, dan sesuai dengan norma yang ada.. Namun terkadang, pembentukan kepribadian itu tidak sesuai dengan harapan, dan seringkali menyimpang. Karena beberapa penentu kepribadian remaja adalah keluarga dan lingkungan. Sudah sangat jelas, jika dalam keluarga itu figur Ayah/Ibu tidak harmonis atau tidak sesuai dengan kriteria orangtua yang baik, mungkin seorang remaja akan kena imbasnya, bisa saja dia menjadi anak yang nakal, frustasi, pemberontak, ataupun tidak tahu aturan. Oleh karena itu, orangtua harus berusaha untuk menjadi seseorang yang baik dalam keluarga, yang bisa membina anak sebagaimana mestinya.

Semua anak butuh kasih sayang dari orangtuanya, karena itu berperan penting dalam perkembangan wataknya. Jika seorang anak diasuh dengan kasih sayang, anak akan menjadi sosok yang baik dan penuh kasih sayang dalam bertindak.

Masa remaja merupakan periode klimaks dari periode perkembangan sebelumnya. Pada masa ini, apa yang diperoleh pada masa sebelumnya, diuji dan dibuktikan sehingga dalam periode selanjutnya, individu bisa memiliki pribadi yang mantap.

Ciri-ciri yang menonjol pada usia ini terlihat pada perilaku sosialnya. Dalam masa ini, teman sebaya dan sepermainan punya arti penting. Ikut dalam kelompok-kelompok, gang-gang, atau peer group yang perilaku dan nilai-nilai kolektifnya sangat mempengaruhi perilaku serta nilai-nilai individu yang menjadi anggotanya. Remaja juga seorang idealis, ia sering memandang segala sesuatunya menurut pandangan dia, bukan sebagaimana adanya.

Pemantapan identitas diri tidak selalu mulus, tetapi sering melalui proses yang panjang dan bergejolak. Oleh karena itu, banyak ahli menamakan periode ini sebagai masa-masa storm and stress atau masa up and down.

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...