Saturday 2 October 2010

Psikologi, Cita-cita, Dan Harapan

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku/perilaku manusia Ya, itu dasar teori yang gw pelajari disaat gw masuk kelas psikologi. Bicara tentang psikologi, ada suatu ketertarikan tersendiri buat gw. Cukup lama gw suka dan tertarik sama ilmu ini, dan gw punya cita-cita kuliah di jurusan psikologi sejak 1 SMA. Gw masih inget, disaat gw ditanya sama mentor waktu kelas 1 SMA, "entar cita-citanya mau jadi apa?" dengan yakin gw pun jawab, "psikolog !" ya, sejak itu gw mulai suka, walaupun belumtau apa yang dipelajari nanti disaat kuliah.

Engga sampe disitu. Saudara-saudara sama orangtua gw pun mulai kebingungan dan heran, kenapa gw ambil jurusan psikologi. "penyepelean" dan hirauan pun banyak. Tapi gw engga goyah sama pendirian gw. Disaat pengumuman PMDK, Alhamdulillah sebenernya gw diterima disalah satu universitas yang "punya nama" dibogor. Gw bilang ke nyokap, dan nyokap bilang, "yaudah, terserah seto, entar kan yang jalanin seto.." itu jawaban dari nyokap, dari bokap lain lagi, bokap pengen gw masuk universitas (institut tepatnya) yg gw dapet disaat PMDK. Paksaan mulai gencar, tapi gw tetep bilang ga mau, dan gw tetep memperjuangkan psikologi, cita-cita gw, dan harapan gw dimasa depan.

Untuk dapetin kata "sukses", perjalanannya memang masih panjang, blm lagi masalah yg ada dimasa depan nanti, Karena gw yakin, manusia lahir dengan tiap masalahnya masing2. Tapi bukan berarti masalah yg ada engga bisa diselesaikan, gw yakin tiap masalah pasti ada solusinya. Seberat apapun masalah itu, kita hrs tetep optimis dan yakin kita pasti bisa menghadapi tiap masalah.

Komitmen gw buat kuliah dan jurusan yg gw ambil, "kurangi keluhan yg engga perlu, dan banyakin usaha" karena kalau cuma bengong, gimana kita mau nyelesein masalah? Kita harus percaya sama diri kita sendiri, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya demi masa depan yg lebih baik.

Untuk mengamati permasalahan yg ada, gw coba kolaborasiin pengetahuan yg ada dibuku2, dan permasalahan yg ada setiap harinya, karena gw pengen, ilmu yang gw dapet diaplikasiin dikehidupan sehari2, biar ilmu itu ga pernah dilupain dan jadi salah satu sugesti yg baik.

Gw sadar, didalam menjalani kehidupan itu, proses yg kita hadapi ga selamanya "mulus", ada aja halangan ataupun masalah. Tapi gw juga sadar, orang sukses pun pernah mengalami kegagalan, dan kegagalan itu pasti ga dateng satu kali. Kalau kita mau cerna dan tetep berjuang, kita pasti sadar, kegagalan itu sangat dekat dengan keberhasilan asalkan kita tetep usaha dan ga cepet nyerah menghadapi situasi yang ada.

"Menikmati (moment) apa yang sedang dihadapi" itu yg bikin gw tetep semangat disaat lagi sedih. Kalau lagi sedih, gw ga mau diem gitu aja, kalau kita cuma diem, mana bisa sedihnya ilang? Cari temen/lakukan aktivitas yang bikin kita semangat lagi disaat kita lagi bete/sedih. Insya Allah sedih segera ilang :D

Balik lagi ke persoalan Psikologi. Disaat gw ospek, gw dapet suatu pelajaran berharga dari seorang dosen yang mulai gw kagumi. Dia baik, ramah, santun dan bijak. Dia share soal penyesalan dan kebijaksanaan. Pelajaran yang dia ajarkan, "jika kita sedang marah, marahlah dengan bijak" dan "jangan mau menyesal diakhir, tapi coba untuk belajar menyesal diawal"

Saat ini gw ngerasa cukup nyaman dan seneng belajar dan tau tentang Psikologi. Dan sekarang, Psikologi jadi bagian hidup gw, hidup kita. I LOVE PSIKOLOGI :D

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...