Monday 4 October 2010

untitled note!

jujur lawan berbohong. meskipun jujur itu sulit, tapi tetap harus diusahakan. bukankah menyenangkan, menerima dan mengetahui sebuah kejujuran dibanding kebohongan? yang harus kita ketahui, kebohongan itu ada batasnya. maksudnya, suatu saat kebohongan itu akan terungkap, walaupun terus ditutup-tutupi. kita pasti sudah sering mendengar pepatah, "sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga". begitu pula orang yg berbohong. walaupun ia lihai dalam menutupi suatu kebenaran, tapi apa daya, suatu saat, entah cepat atau lambat, kebohongan itu pasti terungkap.

jangan sekali-kali kita mengucap kata tulus disaat berbuat baik, tapi kita ingin kebaikan yang kita perbuat dibalas oleh oranglain. apakah itu suatu kebaikan yang tulus? bila kita memang tulus berbuat baik, mengapa kita harus atau ingin menunggu respon (timbal balik) dari seseorang? sekali lagi, apakah tulus seperti itu adanya?

jika memang benar demikian, bukankah itu akan menjadi suatu kebohongan untuk diri sendiri dan orang disekitar kita yang mengetahui perbuatan kita? sulit dipercaya jika kita memang telah berbuat yang demikian. saya sadar, saya sendiri pun belum menjadi orang yang baik. tapi untuk saat ini, saya berusaha untuk jadi diri sendiri..

yang harus kita pelajari, menurut gw,
mencintai itu lebih baik daripada dicintai.
kalian tau kenapa? karena disaat mencintai,
kita tau rasanya bahagia, sayang,
bahkan rasa sakit saat ditinggalkan oleh orang yg kita sayang.
apabila dicintai, kita hanya merasa senang, puas dan bangga,
terhadap diri kita sendiri. karena kita menganggap, kita telah berhasil membuat oranglain cinta kepada kita.
sama halnya dengan memberi. kita pasti sudah mendengar pepatah, "lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah".
sama saja dengan, "lebih baik memberi daripada menerima".
karena disaat kita memberi, tanpa kita sadari kita telah merasakan apa yang oranglain rasakan.
oleh karena itu, rasa ingin bersimpati dan berempati pun muncul.

No comments:

Post a Comment

Catatan Seorang Perekrut #17 Recruiter yang Insecure dengan Perjalanan Karirnya

Jumat, 14 Juli 2017. Hari yang nggak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan karir yang, usianya masih seumur jagung ini. Hari di mana akh...